Saturday, August 18, 2018

Tips Gaya Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan


Tips Gaya Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan

Tips Gaya Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan. Siapa pun pasti ingin sehat, tapi giliran diminta menjalani gaya hidup sehat yang benar, belum tentu semua mau menjalaninya. Biasanya, keengganan itu muncul karena anggapan kalau gaya hidup sehat itu sulit dijalani, dan tidak menyenangkan.
Padahal tidak selalu begitu. Ada banyak cara hidup sehat yang mudah dilakukan dan diikuti siapapun. Kuncinya, ada niat dan kemauan keras untuk berkomitmen melakoninya.

Apa saja? Berikut ini beberapa tips gaya hidup sehat yang mudah dilakukan, tidak memakan banyak waktu, dan bisa jadi kebiasaan yang sangat baik untuk tubuh Anda jika dilakukan sebelum beraktivitas sehari-hari.

Hindari tidur larut malam, dan lakukan minimal 6 jam dalam sehari

Tips gaya hidup sehat yang ini gampang sekali dilakukan. Anda hanya diminta untuk menghindari kebiasaan tidur larut malam dan meluangkan waktu tidur yang cukup. Alasannya pun sederhana, agar tubuh Anda mendapatkan waktu beristirahat yang layak.

Namun, tidur ternyata bukan sekadar momen untuk tubuh beristirahat. Harvard Health Publication menyebutkan bahwa kekurangan waktu tidur memiliki korelasi langsung terhadap risiko terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung.


Bukan hanya itu, kurang tidur juga setara dengan mengonsumi racun, atau pun menjalani pola makan yang buruk. Oleh karena itu, sekalipun sangat sibuk, usahakan untuk selalu bisa tidur dengan cukup.

Tapi jangan salah, tidur berlebihan juga bisa merugikan, seperti misal terlelap selama lebih dari delapan jam secara konsisten yang menurut berbagai studi justru bisa menurunkan tingkat konsentrasi seseorang.

Lalu, selain menghindarkan diri dari risiko terkena penyakit berbahaya, tidur juga menjadi sarana untuk memperoleh tubuh bugar dan berat badan yang proporsional. Tidur dalam porsi yang pas juga membantu meningkatkan ingatan, merangsang kreativitas, hingga menghindarkan diri dari stres.

Kegiatan ini mesti Anda biasakan dengan tidak tidur terlalu larut, karena bisa mengurangi waktu tidur yang cukup buat tubuh. Ingat, sangat baik juga buat tubuh jika kita bangun lebih awal di pagi hari. Selain membuat badan terasa segar, bangun lebih pagi juga memberi kita waktu leluasa untuk melakukan aktivitas seperti jalan pagi dan berjemur, seperti yang dibahas di poin-poin sebelumnya.

Berjemur untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup

Berjemur untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup

Vitamin dalam hidup yang sehat adalah keharusan. Biasanya vitamin harus didapatkan melalui nutrisi, karena tubuh tidak memproduksinya. Namun, khusus untuk vitamin D keadaannya unik. Selain dari makanan, tubuh pun mampu menghasilkannya sendiri.
Agar mendapatkan vitamin D, ternyata caranya sederhana! Anda pun bisa melakukannya di pagi hari sebelum mulai beraktivitas seperti biasanya, yaitu pastikan tubuh Anda mendapatkan cukup terpaan sinar matahari pagi. Caranya bisa dengan berjemur sejenak, atau sembari berjalan santai keliling area rumah yang terbuka.

Selanjutnya, Anda juga bisa memperoleh vitamin D dari makanan seperti ikan berminyak (salmon, sarden, makerel), telur, jamur, hati sapi, ikan cod, ikan tuna, sampai yoghurt.

Vitamin D sendiri biasanya hanya dikenal sebagai suplemen untuk kesehatan tulang. Padahal, tidak hanya itu. Jenis vitamin ini pun berguna untuk mengurangi risiko penyakit autoimun, jantung, stroke, kanker, sampai diabetes.

Jadi, kalau ingin tubuh selalu bugar, pastikan Anda mendapatkan kandungan vitamin D yang cukup.

Jalan bertelanjang kaki untuk kontak langsung dengan permukaan tanah

Jalan bertelanjang kaki untuk kontak langsung dengan permukaan tanah

Cara alami mendapatkan vitamin D seperti berjemur di sinar matahari pagi, bisa dikombinasikan dengan kegiatan ini, yaitu bersentuhan langsung dengan permukaan tanah. Biasanya dilakukan lewat jalan bertelanjang kaki, di kebun atau pekarangan rumah.

Ada sebuah buku tentang hal ini, berjudul Earthing: The Most Important Health Discovery Ever? memaparkan kalau bumi punya kekuatan penyembuhan menakjubkan. Bagaimana bisa?

Katanya, bumi memiliki elektron bebas yang tidak akan habis. Kalau kita bersentuhan langsung dengan permukaannya, maka tubuh kita pun akan menerima energi positif yang baik dampaknya untuk kesehatan.

Baca Juga:  Beware of the Dangerous Heat of Children

Maka itu, mulai kini, ayo kita biasakan melakukan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan permukaan tanah. Anda bisa memulainya dengan menjalani rutinitas jalan bertelanjang kaki di halaman rumah setiap pagi selama 15-30 menit. Kegiatan ini bisa Anda lakukan sembari menyerap kebaikan matahari pagi.

Mengonsumsi asupan fermentasi untuk kesehatan usus dan pencernaan

Mengonsumsi asupan fermentasi untuk kesehatan usus dan pencernaan

Salah satu bagian tubuh yang kerap disepelekan adalah usus. Kesehatannya kerap dilupakan begitu saja. Padahal, peran usus bagi kebugaran tubuh sangat vital. Di dalam usus terdapat banyak sekali bakteri. Jumlahnya diperkirakan dua kali dari total sel yang kita miliki. Bakteri-bakteri tersebut terdiri dari dua jenis, yang merugikan dan menguntungkan.

Jika kesehatan usus tidak baik, jumlah bakteri merugikan bisa lebih dominan, sehingga kebugaran tubuh pun terganggu. Bayangkan saja, beragam penyakit seperti eczema dan kekurangan kekebalan tubuh berawal dari kondisi usus yang tidak baik.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang, berikan perhatian lebih pada kesehatan usus Anda. Caranya enggak rumit kok, Anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi asupan hasil fermentasi, seperti teh kombucha, susu rendah lemak hasil fermentasi seperti yoghurt, atau fromage frais yang merupakan keju segar yang lembut dan terbuat dari susu.
Konsumsi asupan fermentasi secara rutin tiap hari untuk memicu pertumbuhan bakteri baik pada tubuh. Selain itu juga, asupan fermentasi bisa jadi suplemen probiotik alami yang sangat baik manfaatnya buat tubuh kita.

No comments:

Post a Comment